Jumat, 20 Oktober 2017

Bi diseminasi keuangan-moneter untuk mahasiswa Sulut

id bi
Bi diseminasi keuangan-moneter untuk mahasiswa Sulut
Luctor Tapiheru (1)
Manado, (ANTARA Sulut) - Bank Indonesia melakukan diseminasi tentang laporan keuangan, kebijakan akuntansi, dan operasi moneter kepada mahasiswa di Sulawesi Utara.

"Diseminasi laporan keuangan, kebijakan akuntansi, dan operasi moneter BI diberikan kepada mahasiswa agar menjadi bekal dan pelajaran yang berarti bagi mereka," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Luctor Tapiheru saat Diseminasi laporan keuangan, kebijakan akuntansi dan operasi moneter Bank Indonesia di Manado, Kamis.

Ada ratusan mahasiswa yang hadir dalam diseminasi tersebut yakni mahasiswa dari Universitas Sam Ratulangi, Universitas Manado, Universitas Politeknik Manado dan Universitas STAIN Manado.

"Saya berharap mahasiswa yang hadir saat ini dapat memahami fungsi BI dalam kebijakan moneter dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas serta pencapaian stabilitas inflasi dan nilai rupiah.

Kepala Grup Departemen Keuangan Intern BI Ahmad Hidayat mengatakan BI menjadi lembaga bank sentral yang kredibel dan terbaik di regional melalui penguatan nilai-nilai strategis yang dimiliki serta pencapaian inflasi yang rendah dan nilai yang stabil.

Dia mengatakan sementara untuk misinya adalah untuk mencapai stabilitas nilai rupiah dan menjaga efektivitas transmisi kebijakan moneter untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, serta mendorong sistem keuangan nasional bekerja secara efektif dan efisien serta mampu bertahan terhadap gejolak internal dan eksternal untuk mendukung alokasi sumber pendanaan/pembiayaan, dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan stabilitas perekonomian nasional.

Selain itu, Ahmad menjelaskan BI juga adalah lembaga negara yang indenpenden dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya karena bebas dari campur tangan pemerintah dan atau pihak lain serta merupakan badan hukum.

Diseminasi laporan keuangan kebijakan akuntansi dan operasi moneter dapat juga membuka wawasan mahasiswa untuk lebih mengenal secara detail tujuan BI.

Laporan ini merupakan satu referensi yang sangat penting bagi para mahasiswa, dikarenakan untuk mendapatkan sebuah data sangat sulit olehnya itu, dirinya berharap agar seluruh mahasiswa yang hadir ikuti kegiatan ini dapat memahaminya sebab ini satu pelajaran yang berharga.

Pemateri yang hadir juga Kepala Divisi Departemen Pengelolaan Moneter BI Pribadi santoso, Analis Keuangan Senior Departemen Keuangan Intern BI Tonny indarto dan Sri HR pahlevi yang juga sebagai Analis Keuangan Senior Departemen Keuangan Intern BI.

Selain mahasiswa, juga yang hadir dalam diseminasi laporan keuangan, kebijakan akuntanso dan operasi moneter BI dunia perbankan baik bank umum dan bank perkreditan rakyat (BPR).

Editor: Guntur Bilulu

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga