Jumat, 20 Oktober 2017

BI identifikasi bantuan petani hadapi TIFF

id BI
BI identifikasi bantuan petani hadapi TIFF
Parade bunga pada pelaksanaan TIFF 2014
"Kita akan identifikasi bagaimana kesiapan, apa peran dan bantuan teknis yang perlu diberikan untuk persiapan petani bunga menghadapi festival bunga tahunan tersebut," katanya
Tomohon, (ANTARASulut) - Bank Indonesia (BI) bersama Dinas Pertanian Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan mengidentifikasi bantuan apa yang akan diberikan bagi kelompok tani bunga menghadapi Tomohon Internasional Flower Festival (TIFF).

"Kita akan identifikasi bagaimana kesiapan, apa peran dan bantuan teknis yang perlu diberikan untuk persiapan petani bunga menghadapi festival bunga tahunan tersebut," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulut Luctor Tapiheru di Tomohon.

Tapiheru mengatakan, Kota Tomohon dalam waktu dekat akan melaksanakan kegiatan besar TIFF yang sebelumnya diagendakan dua tahun, kini menjadi setahun sekali, sehingga BI berkeinginan memberikan kontribusi positif.

Karena itu kata dia,  BI akan membicarakan dengan Pemerintah Kota Tomohon aktivitas dan kegiatan yang cocok dengan BI untuk kemudian disinergikan dengan upaya memberdayakan masyarakat berkaitan dengan TIFF.

"Pelaksanaan festival bunga internasional ini butuh materi besar sehingga diharapkan masyarakat atau kelompok tani bunga memiliki bangunan kuat agar siap menghadapi iven internasional tersebut. Jauh-jauh-jauh hari perlu dipersiapkan. Kita akan bicarakan dengan pemerintah kota bentuk kontribusi yang dibutuhkan," ungkapnya.

Karena itu menurut dia BI akan mendorong Kota Tomohon sebagai kota bunga, karena memang sejak awal kota berpenduduk 101 ribu jiwa lebih ini sudah terkenal dengan produk unggulan bunga.

Pemerintah Kota Tomohon sementara memersiapkan festival bunga internasional ini dengan melakukan promosi melalui tour and travel, kementerian pariwisata hingga kementerian luar negeri untuk sukses kegiatan ini.

Pada pelaksanaan TIFF Agustus tahun 2014 diikuti sebanyak 37 peserta instansi pemerintah, BUMN dan BUMD serta beberapa negara asing seperti Amerika Serikat, Rusia, Prancis, Thailand, Filipina dan Hongkong.

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga