Minggu, 24 September 2017

Pemkot Manado ingatkan waspadai bencana ikutan hujan

id Ai
Pemkot Manado ingatkan waspadai bencana ikutan hujan
Wawali Harley Mangindaan (1)
"Seluruh penduduk harus waspada, karena musim kemarau yang panjang membuat tanah menjadi terbelah-belah dan banyak pohon kering karena kekurangan air maka banjir dan tanah longsor sangat berpotensi terjadi," kata Wakil Wali Kota Manado Harley Mangind
Manado, (Antarasulut) Pemerintah kota Manado mengingatkan warganya untuk mewaspadai bencana ikutan musim hujan terutama tanah longor.

"Seluruh penduduk harus waspada, karena musim kemarau yang panjang membuat tanah menjadi terbelah-belah dan banyak pohon kering karena kekurangan air maka banjir dan tanah longsor sangat berpotensi terjadi," kata Wakil Wali Kota Manado Harley Mangindaan di Manado.

Mangindaan mengatakan hujan turun dengan intensitas tinggi akan membuat tanah yang sudah terbelah-belah tidak akan bisa menahan air lama sehingga bisa menyebabkan terjadinya tanah longsor.

"Apalagi jika selokan masih belum baik dan masih dipenuhi sampah, maka banjir juga ikut mengancam warga Manado, maka harus diwaspadai," kata Mangindaan.

Jika hujan mulai turun dan intensitasnya tinggi dalam waktu lebih dari 15 menit, maka warga harus segera mengungsi dari tempat tinggal yang berbahaya, katanya.

Dia pun mengajak warga untuk menjaga kebersihan untuk keselamatan bersama supaya bisa menghindarkan diri dari ancaman bencana ketika hujan datang.

Mangindaan juga minta agar para kepala lingkungan dan lurah selalu mengingatkan warganya untuk menjaga kebersihan dan tidak menjadikan selokan sebagai tempat sampah karena akan membahayakan diri sendiri.

Dia pun mengingatkan Dinas Kebersihan untuk makin memaksimalkan kinerja agar bisa membantu warga Manado menjaga kebersihan dan kenyamanan warga kota sekaligus.

Mangindaan mengingatkan agar bencana tidak melanda Manado justru pada saat orang sedang mengharapkan hujan untuk menjadi penolong karena kemarau panjang yang terasa menyiksa.***4***

(T.KR-JHB/B/S027/S027) 05-11-2015 07:51:57

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga