Senin, 21 Agustus 2017

Siswa Manado Dilatih Jadi Relawan Anti Narkoba

id Siswa Dilatih Jadi Relawan Antinarkoba
Siswa Manado Dilatih Jadi Relawan Anti Narkoba
Puluhan Siswa Ikut Pelatihan Relawan Anti Narkoba  (1)
Manado,(AntaraSulut) - PPP Brimob (Perhimpunan Putra Putri Brimob), BNN (Badan Anti Narkotika Nasional) Sulut dan SMA Negeri 9 Manado menggelar diseminasi informasi P4GN dan Pelatihan Relawan Anti Narkoba di Lingkungan Pelajar, di Aula SMA Negeri 9 Manado, Jumat (5/5).
      
Puluhan siswa SMA Negeri 9 Manado ikut dalam kegiatan yang diawali sambutan Kepala SMA Negeri 9 Manado Mediatrix Ngantung dan Kanit Direktorat Narkoba Polda Sulut Kompol I Dewa G. Bawa (mewakili Direktur Narkoba Polda Sulut).
      
Tampil sebagai narasumber adalah Kepala BNN Sulut Brigjen Pol. Charles Ngili yang membawakan materi berjudul Narkoba dan Bahayanya, Kabid Rehabilitasi BNN Sulut dr. Reinne Wowiling (Cegah, Berantas dan Rehabilitasi) dan Pengurus PPP Brimob Lexie Kalesaran (Partisipasi Masyarakat dalam P4GN dan Kerelawanan).
      
Pelbagai hal berkaitan dengan bahaya narkoba, upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) serta partisipasi masyarakat dalam upaya P4GN dan kerelawanan dipapar dan didiskusikan pada kegiatan tersebut.
      
Metodologi kegiatan dibuat sedemikian rupa yakni dua arah sehingga para siswa dapat menyimak dengan serius materi–materi yang diberikan dan muncul tanggap–balik dari mereka.
      
Kepala BNN Sulut Brigjen Charles Ngili dan Kanit Dit. Narkoba Polda Sulut Kompol I Dewa G. Bawa mengurai upaya – upaya yang telah dilakukan masing–masing institusi (BNN dan Direktorat Narkoba Polda) dalam kerangka P4GN.
      
Kendati telah berusaha keras dalam P4GN tetapi baik BNN maupun Direktorat Narkoba Polda Sulut tidak berhenti sampai di situ. Pelbagai usaha terus–menerus dilakukan agar supaya penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelap narkoba menjadi berkurang di samping upaya rehabilitas bagi penggguna / korban penyalahgunaan narkoba.
      
"Telah banyak kasus penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba telah berhasil kami ungkap, ditanggani dan akan terus – menerus dilakukan," ujar Kompol Bawa ketika memberika sambutan seraya menjelaskan upaya tersebut dalam rangka menyelamatkan generasi bangsa dari jeratan penyalahugunaan narkoba.
      
Hal senada disampaikan Kepala BNN Sulut Brigjen Charles Ngili. Pelbagai upaya telah akan terus dilakukan BNN Sulut. Sejumlah operasi / sidak senantiasa dilakukan BNN agar penyalahgunaan narkoba dan peredaran gelapnya berkurang bahkan kalau bisa tidak ada sama sekali.
      
Angka prevalensi penyalahgunaan narkoba diupayakan ditekan. "Daya rusak penyalahgunaan narkoba sangat luar biasa sehingga tidak ada pilihan lain bagi kita semua selain menyatakan perang terhadap narkoba," tandas mantan Wakapolda Sulut itu.
      
Dengan adanya kegiatan diseminasi dan pelatihan relawan seperti ini, Brigjen Charles berharap informasi P4GN semakin meluas serta penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba semakin berkurang.
 

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga