Minggu, 20 Agustus 2017

TNI - Pemkab Minahasa Utara Galakkan Swasembada Pangan

id TNI - Pemkab Minahasa Utara Galakkan Swasembada Pangan
TNI - Pemkab Minahasa Utara Galakkan Swasembada Pangan
Foto bersama jajaran TNI dan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara serta kelompok tani desa Kawiley Kecamatan Kauditan. (1)
"TNI berada didalamnya melalui Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) salah satunya menggalakkan lahan pertanian," kata Simanjuntak.
Minahasa Utara, 12/7 (Antara Sulut) - TNI bersama pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) galakkan lahan pertanian demi mewujudkan daerah swasembada pangan 2017.
"Ada sekitar tujuh hektar lahan yang kami buka di desa Kawiley Kecamatan Kauditan, hal itu untuk menjalankan lahan yang ada," ujar Komandan Korem 131 Santiago Brigjen TNI Sabar Simanjuntak, Rabu.
Dia mengatakan, program pencetakan sawah baru ini merupakan salahsatu program nawacita yang digulirkan Presiden RI Jokowi melalui sembilan agenda prioritas Jokowi-JK yaitu nawacita ketiga yaitu ‘membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa-desa dalam kerangka negara kesatuan’.
"TNI berada didalamnya melalui Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) salah satunya menggalakkan lahan pertanian," kata Simanjuntak.
Ditambahkannya, untuk Sulut saat ini sudah 400 hektar areal tanah yang dibuka dari target TNI seluas 900 hektar untuk tahun 2017 dan ini akan dikerjakan hingga bulan September nanti.
Wakil Bupati Minahasa Utara Joppi Lengkong menyambut baik akan program TMMD Korem 131 Santiago dengan mencetak sawah baru.
"Pemerintah siap membantu menyediakan lahan sebesar 300 hektar yang tersebar di Desa Batu, Desa Palaes Kecamatan Likupang Selatan dan di Desa Wasian Kecamatan Dimembe, Desa Winetin Kecamatan Wori, Desa Kawiley, Desa Lembean Kecamatan Kauditan serta Desa Kolongan Kecamatan Kalawat," kata Wakil Bupati.
Wakil Bupati mengatakan, pemerintah lewat Bupati Vonnie Aneke Panambunan dan dinas terkait akan membantu usaha pencetakan sawah baru ini.
"Kami akan mendampingi pencetakan sawah dengan pendampingan teknis dari tenaga pertanian. Dan setelah sawah selesai dicetak maka akan diberi bantuan benih, pupuk dan alsintan bagi kelompok tani yang akan menanam," kata Lengkong.
Hadir bersama pada pencetakan sawah ini Kasiter Rem 131 Santiago Kolonel Inf. Sarippudin, Dandim 1310 Bitung Minut Letkol Inf. Deden Hendayana, Pabung/ Danramil 1310-06 Airmadidi Kapten Inf. Gusnawan MK, Danramil 1310-05 Kauditan Pelda E Kasenda, Camat Kauditan Drs Fentje dan Kumtua Desa Kawiley Vedy Ngantung.

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga