Senin, 25 September 2017

Bank SulutGo Target Kembangkan Branchless Banking

id Secara bertahap semua layanan digital akan dilakukan oleh Bank SulutGo," jelasnya.
Bank SulutGo Target Kembangkan Branchless Banking
Jeffry Dendeng (1)
Secara bertahap semua layanan digital akan dilakukan oleh Bank SulutGo," jelasnya.
Manado, 19/7 (Antara) - PT Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Utara Gorontalo (SulutGo) menargetkan mengembangakn branchless banking yakni layanan perbankan tanpa kantor.

"Kami berharap dengan layanan branchless banking tersebut, akan menjangkau semua masyarakat hingga ke pedesaan di Sulut dan Gorontalo," kata Direktur Utama PT Bank Sulutgo Jeffry Dendeng di Manado, Rabu.

Jeffry mengatakan harus diakui sebelumnya Bank SulutGo sebelumnya belum bisa mengembangkan produk pada BUKU I, namun tahun ini sudah masuk BUKU II sehingga bisa melakukan hal tersebut.

"Apalagi, pengembangan branchless banking tidak membutuhkan dana sebesar membuka kantor kas," katanya.

Namun dengan program tersebut, katanya, akan lebih mudah mendekatkan diri dengan masyarakat dan memanfaatkan layanan jasa Bank SulutGo.

"Secara bertahap semua layanan digital akan dilakukan oleh Bank SulutGo," jelasnya.

Kepala Otoritas jasa Keuangan (OJK) Sulut Gorontalo dan Maluku Utara Elyanus Pongsoda mengatakan branchless banking atau Laku Pandai adalah kegiatan menyediakan layanan perbankan dan/atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tidak melalui jaringan kantor, namun melalui kerjasama dengan pihak lain dan perlu didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

OJK memperkenalkan produk tersebut, karena berdasarkan Survey Nasional Literasi Keuangan yang dilaksanakan OJK pada tahun 2013, tingkat pemanfaatan perbankan masih 57,3 persen dan sektor lainnya masih lebih rendah lagi.

Hal ini membuktikan bahwa pemanfaatan jasa keuangan di dalam negeri yang masih belum optimal. Untuk itu, akses keuangan kepada masyarakat perlu ditingkatkan, sehingga OJK pun memperkenalkan Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai).

Saat ini OJK dan Bank Indonesia (BI) sudah menyepakati penerapan branchless banking dan layanan keuangan digital sebagai solusi untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap sektor keuangan.

Laku Pandai merupakan wujud komitmen untuk menyediakan akses keuangan bagi masyarakat yang belum menggunakan dan mendapatkan layanan perbankan dan keuangan lainnya.***3***

(T.KR-NCY/B/M019/M019) 19-07-2017 12:14:13

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga