Senin, 23 Oktober 2017

Wali Kota: Festival Bunga Adalah Kehormatan Bangsa

id pemkot tomohon
Wali Kota: Festival Bunga Adalah Kehormatan Bangsa
Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman (1)
Turnamen bunga ini tidak hanya dipersembahkan untuk warga Kota Tomohon, tetapi juga untuk Sulawesi Utara, dan Indonesia,
Tomohon, 8/8 (Antara) - Wali Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Jimmy F Eman mengatakan pelaksanaan festival bunga internasional (Tomohon International Flower Festival) adalah kehormatan bangsa.

"Sejumlah negara seperti Jepang dan Australia ikut serta pada pelaksanaan Tournament of Flower tahun ini. Begitupun dengan sekretariat Asean, dewan pameran bunga Asean serta lembaga lainnya, ini adalah kehormatan bangsa yang harus tetap terpelihara pelaksanaannya," kata Wali Kota Jimmy di Tomohon, Selasa.

Salah satu kegiatan utama "Tomohon International Flower Festival" tahun 2017 adalah turnamen bunga, ini menghadirkan tantangan tersendiri sehingga membutuhkan inovasi agar pelaksanaannya dari tahun ke tahun semakin baik.

"Turnamen bunga ini tidak hanya dipersembahkan untuk warga Kota Tomohon, tetapi juga untuk Sulawesi Utara, dan Indonesia," katanya.

Kegiatan yang telah menjadi kalender tetap Kementerian Pariwisata itu, lanjut Wali Kota Eman, tidak hanya membawa dimensi ekonomis, sosioligis, teologis tetapi juga dimensi nasionalis.

"Event ini menyatukan nuansa keberagaman dalam kebhinekaan mewujudkan Indonesia raya yang memiliki kekhasan tersendiri," ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu optimistis, turnamen bunga akan memberikan dampak berantai bagi semua pelaku pariwisata di Kota Tomohon.

"Termasuk petani bunga yang dari sisi ekonomi akan meningkatkan kesejahteraan setelah bunga yang ditanam dimanfaatkan untuk menghiasi kendaraan-kendaraan hias," katanya.

Harus diakui, lanjut dia, pelaksanaan turnamen bung yang adalah iven utama "Tomohon International Flower Festival" memberikan dampak turunan yang menggerakkan sektor industri bunga, serta pendapatan petani meningkat.

"Kita akan meningkatkan daya saing bagi pelaku usaha di sektor ini sehingga mampu menghasilkan produk yang bersaing dan memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan," ujarnya.***1***





(T.K011/B/G004/G004) 08-08-2017 20:26:36

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga