Senin, 21 Agustus 2017

Pemprov-PT MEI Kelola Sampah Jadi Listrik

id pemprov sulut
Pemprov-PT MEI Kelola Sampah Jadi Listrik
Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menandatangani MoU pengelolaan sampah menjadi listrik. (foto: ilustrasi) (1)
Hal ini adalah bagian dari solusi pengelolaan sampah perkotaan serta menunjang ketersediaan energi di daerah ini,
Manado, (AntaraSulut) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara bersama PT Moderne Energie Internasional menandatangani nota kesepahaman pengelolaan sampah menjadi listrik, kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudi Mokoginta.

"Hal ini adalah bagian dari solusi pengelolaan sampah perkotaan serta menunjang ketersediaan energi di daerah ini," kata Asisten Mokoginta di Manado, Kamis.

Penandatanganan nota kesepahaman ini berkaitan dengan tentang perencanaan, pengadaan, pembangunan dan pengelolaan sampah menjadi listrik.

Pemerintah daerah, lanjut dia, memiliki program prioritas pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) regional sebagai salah satu solusi mengelola sampah yang berasal dari kabupaten dan kota sekitar.

"Kami berharap nota kesepahaman ini dipahami dan dipatuhi kedua pihak," harapnya.

Menurut dia, mutlak dipahami setiap aspek yang diatur di dalam nota kesepahaman ini terkait dengan ruang lingkup pelaksanaan, kewajiban serta hak setiap pihak.

"Semuanya harus saling proaktif dalam melaksanakan kewajiban masing-masing, serta terus menjalin interaksi dan koordinasi," ajaknya.

Dalam program prioritas daerah, pemerintah daerah merencanakan pembangunan TPA regional untuk mengelola sampah dari Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa.

Bahkan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw dan pejabat terkait berkujung ke Denmark mencari informasi pengelolaan sampah dan pengembangan energi terbarukan secara berkelanjutan.

Penandatanganan nota kesepahaman dengan PT MEI disaksikan Kepala Biro Pembangunan Pemprov Sulut Drs Edwin Kindangen MSi dan beberapa pimpinan PT. Moderne Energie Internasional seperti Haryono, Wiwik Purwita, Mr Matias dan Jean Marc Erignoux.***1***

Riza Fahriza

(T.K011/B/R021/R021) 10-08-2017 20:00:42

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga