Senin, 25 September 2017

Bulog Terus Jaga Perbaiki Rawat Kualitas Beras

id "Monitoring dan evaluasi pemeriksaan kualitas dan kuantitas beras secara periodik," jelasnya.
Bulog Terus Jaga Perbaiki Rawat Kualitas Beras
Beras Bulog dirawat sesuai standar nasional. (1)
"Monitoring dan evaluasi pemeriksaan kualitas dan kuantitas beras secara periodik," jelasnya.
Manado, 21/8 (Antara) - Perum Bulog Divre Sulawesi Utara (Sulut) terus menjaga, memperbaiki dan merawat kualitas beras di semua gudang di daerah tersebut.

"Kami terus meningkatkan pengawaan atas pemeriksaan kualitas dan kuantitas beras masyarakat sejahtera (rastra) pada saat pengadaan dan selama penyimpanan," kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut Taufan Akib di Manado, Senin.

Dia mengatakan Bulog juga bekerja sama dengan tim koordinasi rastra setempat untuk pengecekan kualitas dan kuantitas sebelum dan saat penyaluran rastra.

"Monitoring dan evaluasi pemeriksaan kualitas dan kuantitas beras secara periodik," jelasnya.

Taufan menjelaskan manajemen ISO di gudang, merupakan salah satu pencapaian ISO yang sesuai standarisasi nasional pergudangan bersama dengan tim independen.

"Spraying (penyemprotan) dilakukan setiap bulan, sedangkan fumigasi setiap tiga bulan, yang meliputi area di dalam maupun luar gudang serta pembersihan lingkungan gudang," jelasnya.

Untuk metode Cocoon merupakan hermetic storage system yaitu sistem penyimpanan menggunakan sungkup plastik kedap udara dan tidak memerlukan tindakan perawatan apapun sehingga lebih ramah lingkungan.

Dia katakan CO2 stack adalah sistem perawatan dengan menggunakan gas CO2, dengan cara mencungkup komoditas dengan plastik kedap udara, dan ke dalam sungkup plastik tersebut dimasukkan gas CO2 sebagai pengganti udara biasa.

Dan dilakukan sortasi, katanya, pada saat pengeluaran beras oleh surveyor independen dan tim Divre Bulog.

Serta, katanya, memberikan kesempatan kepada pelaksana rastra di titik distribusi untuk menukar berasnya bila ditemukan kualitas yang kurang baik.

***3***





(T.KR-NCY/B/E008/E008) 21-08-2017 08:39:10

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga