Selasa, 17 Oktober 2017

Panwaslu Sitaro Buka Pendaftaran Panwas Kecamatan

id Sitaro
Panwaslu Sitaro Buka Pendaftaran Panwas Kecamatan
Persyaratan seleksi PAnwascam Sitaro. (Foto Fidel/ist) (1)
Panwas akan dibentuk di 10 kecamatan.


Sitaro, 5/10 (Antara) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) mengumumkan sekaligus membuka pendaftaran panitia pengawas kecamatan.
"Panwas akan dibentuk di 10 kecamatan. Panwaslu membuka kesempatan bagi semua warga kabupaten yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi," kata Koodinator Divisi Sumber Daya Manusia Panwaslu Sitaro Henrolds Tatengkeng di Sitaro, Kamis.
Tatengkeng mengatakan seleksi calon dimulai dengan tahapan pengumuman oleh kelompok kerja, pembentukan panwas kecamatan, sejak Rabu (4/10).
"Berdasarkan ketentuan dalam UU Pemilu dan pedoman pembentukan panwas kecamatan yang diterbitkan Bawaslu RI, seleksi dilakukan secara terbuka dan dibuka seluas-luasnya bagi masyarakat Sitaro yang memenuhi syarat," kata Tatengkeng.
Dia mengatakan pengumuman tersebut diharapkan akan mendapat respons antusias masyarakat yang ditandai dengan pendaftar yang lebih banyak dari sebelumnya sehingga pelaksanaan pemilu nanti bisa sukses.
Sekretaris Pokja Pembentukan Panwas Kecamatan Fidel Malumbot mengatakan jumlah pengawas pemilu di kecamatan adalah tiga orang.
"Agar seleksi ini menghasilkan calon yang berkualitas dan kompeten maka sebaiknya ada banyak pilihan," katanya.
Lebih lanjut dia menjelaskan, pendaftaran dibuka pada 9 Oktober hingga 16 Oktober di Kantor Panwas Kabupaten di Ondong untuk pendaftar di wilayah Siau, di Kantor Camat Tagulandang untuk wilayah tersebut, serta di Biaro.
"Bagi yang berminat mengawasi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 dan memenuhi syarat silakan ambil formulir, lengkapi berkas, lalu daftar di tiga tempat tersebut," kata Malumbot.
Dalam pengumuman, kata Malumbot tertera syarat antara lain WNI, usia minimal 25 tahun, domisili di kecamatan setempat yang dibuktikan dengan KTP, tidak menjadi anggota parpol dan tim kampanye, atau sudah mundur lima tahun sebelumnya.
Malumbot menambahkan, pendaftar yang lulus berkas akan menjalani tes tertulis pada 24 Oktober, kemudian yang lulus tes tertulis langsung diundang mengikuti wawancara pada 25-26 Oktober sebagai tahapan penentuan tiga orang calon Panwascam terpilih. ***2***

Sigit Pinardi
(T.KR-JHB/B/S024/S024) 05-10-2017 20:40:00

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga