Selasa, 17 Oktober 2017

Drama kolosal perjuangan warnai peringatan HUT TNI

id Drama kolosal perjuangan warnai peringatan HUT TNI
Drama kolosal perjuangan warnai peringatan HUT TNI
Kasdam XIII Merdeka Brigjen TNI Santos Mandolang selaku inspektur upacara pada HUT ke-72 TNI di Manado, melakukan pemeriksaan pasukan. (foto jorie MR Darondo) ((1))
Manado, 5/10 (Antara) - Pagelaran drama kolosal perjuangan Pahlawan Wolter Robert Monginsidi mewarnai peringatan HUT Ke-72 TNI di Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis.

Atraksi yang melibatkan ratusan pemain tersebut, digelar usai upacara memperingati HUT TNI yang dipimpin Kasdam XIII Merdeka Brigjen TNI Santos Matondang.

Selain drama klosal tersebut, juga digelar atraksi aeromodelling, ketangkasan double stick, beladiri Yong Moodo, pembebasan sandera dan pemberantasan teroris, terjun payung serta defile.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dalam sambutan tertulis dibacakan Kasdam Brigjen TNI Santos Matondag mengatakan penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan khususnya pada tahun anggaran 2017.

Oleh karena itu tema pokok HUT TNI ini adalah "Bersama rakyat TNI kuat".

"Makna yang terkandung didalam tema tersebut adalah TNI tumbuh dan berkembang serta berjuang bersama rakyat," katanya.

Ia mengatakan inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar , ditengah-tengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis.

Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaraskan dengan pola pikir masyarakat yang semakin modern.

Sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta bela negara.

Kedekatan dan kebersamaan TNI rakyat adalah inti dan pusat kekuatan dari sistem pertahanan semesta yang dianut.

Selama ini TNI telah dan akan terus memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer untuk Perang (OMUP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Khususnya dalam tugas OMSP berbagai tugas telah dilakukan prajurit TNI dengan baik yang melebihi panggilan tugas.

Tugas-tugas tersebut merupakan refleksi prestasi dan kinerja optimal yang dipersembahkan TNI kepada rakyat Indonesia seperti penanggulangan kebakaran hutan, bantuan kepada korban bencana alam banjir dan longsor, maupun keberhasilan TNI melaksanakan Operasi Tinombala dalam rangka menumpas aksi- aksi terorisme

Upacara yang diikuti unusr TNI, Polri dan pelajar yang digelar dikawasan Bolevard Manado tersebut dihadiri antara lain Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kanoduw, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sulut.

(T.J009/B/H005/H005) 05-10-2017 16:34:15

Editor: Jorie MR Darondo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga