Jumat, 20 Oktober 2017

Bank Banten Cabang Manado Jaga Kualitas Kredit

id "NPL Bank Banten di Manado masih dalam kondisi wajar berada di bawah lima persen," kata Sonya.
Bank Banten Cabang Manado Jaga Kualitas Kredit
Kepala Bank Banten Cabang Manado, Sonya Tangkere (1)
"NPL Bank Banten di Manado masih dalam kondisi wajar berada di bawah lima persen," kata Sonya.
Manado, (Antara) - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten Cabang Manado, Sulawesi Utara, terus berupaya menjaga kualitas kredit di daerah itu.

"Kami akan terus menjaga kualitas kredit karena kualitas kredit menunjukkan dan mempengaruhi kinerja bank secara keseluruhan," kata Kepala Bank Banten Cabang Manado, Sonya Tangkere di Manado, Kamis.

Sonya mengatakan harus diakui rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) cukup tinggi namun sejak tahun 2016 turun drastis dan saat ini sudah berada di bawah batas ketentuan Bank Indonesia (BI).

"NPL Bank Banten di Manado masih dalam kondisi wajar berada di bawah lima persen," kata Sonya.

Pihaknya akan terus berupaya menjaga kualitas kredit agar tetap baik. Bank akan melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa kehadiran Bank Banten di Kota Manado untuk sama-sama mendorong sektor riil untuk lebih berkembang.

Otomatis, katanya, jika sektor riil maju, akan berdampak kepada perekonomian di Sulut.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulut, Gorontalo dan Maluku Utara Elyanus Pongsoda mengatakan, pihaknya akan mendorong perbankan yang beraktivitas di Sulut agar meningkatkan kredit ke sektor produktif.

"Memang kita akan mendorong kredit di Sulut, namun tetap menjaga kualitas, jangan sampai meningkatkan NPL," kata Elyanus.

Ia mengatakan harus diakui NPL perbankan di Sulut masih berada di bawah lima persen, namun masih akan terus diupayakan turun lagi. Jika NPL di bawah lima, katanya, akan terus meningkatkan kinerja perbankan.***3***



(T.KR-NCY/B/A039/A039) 05-10-2017 11:58:46

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga