Selasa, 17 Oktober 2017

Pemkot Tomohon Targetkan 30 Persen Perempuan Periksa Kanker

id pemkot tomohon
Pemkot Tomohon Targetkan 30 Persen Perempuan Periksa Kanker
Wali Kota Jimmy F Eman (keempat kanan) dan Wakil Wali Kota Syerly A Sompotan (ketiga kanan) foto bersama dengan jajaran jajaran Kejaksanaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri pada acara deteksi dini kanker serviks dan payudara (1)
Hingga bulan September baru 97 orang atau sebesar 2,2 persen yang memeriksakan diri,
Tomohon, (AntaraSulut) - Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman mengatakan, pemerintah daerah menargetkan sebanyak 30 persen atau 4.632 perempuan memeriksakan penyakit kanker melalui metode Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis).

"Jumlah perempuan mencapai 14.540 orang, nah 30 persen kita harapkan aktif melakukan pemeriksaan. Hanya saja, hingga bulan September baru 97 orang atau sebesar 2,2 persen yang memeriksakan diri," kata Wali Kota Jimmy di Tomohon, Kamis.

Pada saat memeriksakan status kesehatannya, kata Wali Kota, sebanyak 12 orang positif kanker.

"Kami berharap perempuan aktif memeriksakan diri sejak dini agar terhindar dari penyakit kanker leher rahim dan payudara," katanya.

Pemerintah Kota Tomohon bekerja sama dengan Kejaksaan Negeri melaksanakan pemeriksaan kanker leher rahim dan payudara menunjang program nasional menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker leher rahim dan kanker payudara.

Apa yang kita lakukan ini, lanjut dia, untuk mewujudkan masyarakat hidup sehat dan berkualitas sesuai dengan tercapainya program nawacita kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia.

"Pemeriksaan status kesehatan ini dalam rangka deteksi dini untuk mewujudkan wanita Indonesia bebas kanker sebagai program nasional dari Ibu Negara Iriana Joko widodo," jelasnya.

Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Linda Mangihut Sinaga menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk deteksi dini kanker leher rahim dan payudara.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan sekaligus penjelasan penyakit ini, perempuan di Kota Tomohon dan pada umumnya akan terbebas dari penyakit kanker. Penyakit ini memang sangat menakutkan, tetapi kalau secepatnya ditangani pasti akan memperoleh kesembuhan," katanya.

Kajari Kota Tomohon Muhammad Noor HK SH MH menambahkan, selain kegiatan pemeriksaan IVA dan Sadanis, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini daerah juga memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan KB gratis dan pelayanan hukum bagi ibu-ibu.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan sosialisasi tentang penyakit kanker leher rahim dan payudara oleh dr Nova Wulur SPoG (Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kota Tomohon) kepada ratusan ibu-ibu dari 44 kelurahan dan kader kesehatan. ***4***



(T.K011/B/N005/N005) 12-10-2017 14:51:08

Editor: Guido Merung

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga